“PERINTAH TOOLBAR PADA MICROSOFT EXCEL”
Untuk mengoperasikan Microsof Excel,
software ini telah menyediakan banyak sekali fasilitas berupa perintah perintah.
Perintah perintah tersebut dikelompokkan berdasarkan fungsinya secara umum yang
biasa kita sebut dengan Menu atauTab (pada excel
2007).
Selanjutnya guna memudahkan pengguna, perintah perintah tersebut
ditampilkan berdasarkan kelompok perintah untuk keperluan tertentu. Baris
perintah ini biasa juga disebut dengan Toolbar atau Group (excel 2007). Misalnya
toolbar Formating, berisi perintah perintah untuk keperluan memformat tex atau
angka.
Sebagian besar dari perintah perintah tersebut ditampilkan dalam
bentuk lambang atau icon, dengan demikian anda tinggal klik icon nya dan
perintah lansung di jalankan atau di eksekusi sehingga sangat membantu
dalam kecepatan pengoperasian software.
Tidak semua perintah ditampilkan di buku
kerja, namun perintah perintah yang tersembunyi dengan mudah dapat
ditampilkan jika anda butuhkan
atau disembunyikan kembali.
Berikut adalah perintah-perintah yang sering digunakan :
·
Office Button: Button ini menggantikan fungsi menu File pada versi
sebelumnya. Klik button ini untuk menampilkan perintah-perintah dasar, seperti
open, save, print dan juga Excel Options. Pada menu Excel Options,
Anda dapat melakukan pengaturan seperti jumlah lembar kerja kosong yang ingin
ditampilkan setiap kali membuka Excel yang biasanya terdapat di Options pada
menu Tools.
·
Quick Access Toolbar: Berisi perintah-perintah yang sering digunakan, seperti Save,
Undo, Redo, Open, dan sebagainya. Anda dapat menambah perintah dengan mengklik
tanda panah di sampingnya atau klik kanan perintah yang ingin Anda taruh dan
pilih Add to Quick Access Toolbar.
·
Ribbon: Terdiri dari tab Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data,
Review dan View yang memiliki Groups masing-masing, seperti
pada tab Home berupa Font, Alignment, Number dan sebagainya.
·
Dialog Box Launcher: Tanda panah kecil pada sudut kanan bawah setiap Group ini
menunjukkan pilihan-pilihan lain yang tersedia pada group tersebut. Klik tanda
panah ini untuk memunculkan sebuah kotak dialog atau task pane.
·
Klik tombol Zoom Out untuk memperkecil tampilan
atau Zoom Inuntuk memperbesar tampilan. Anda juga dapat
menarik Zoom Slideruntuk memperbesar atau memperkecil tampilan.
·
View Buttons terdiri dari tombol Normal, Page Layout dan Page Break
Preview. Page Layout view (lihat gambar di bawah) merupakan
fitur baru pada Excel 2007. Pada view ini terdapat margins dan rulers yang
dapat Anda atur posisi marginnya. Anda juga dapat dengan mudah membuat header
dan footer pada view ini. Saat Anda mengetik di bagian ini, tab Design
Header & Footer Tools akan ditampilkan padaRibbon.
Tip: Anda juga dapat membuat header dan footer dengan mengklik tabInsert dan pada grup Text klik Header & Footer.
Tip: Anda juga dapat membuat header dan footer dengan mengklik tabInsert dan pada grup Text klik Header & Footer.
|
Add
caption
|
Menggunakan Keyboard
·
Shortcuts yang dimulai dengan CTRL (seperti
CTRL+C untuk menyalin) masih sama dengan versi Excel sebelumnya. Kecuali untuk
shortcuts yang dimulai dengan ALT terdapat perubahan.
·
Pada Office 2007, Anda diberi kemudahan dengan adanya petunjuk
(Key Tips) yang ditampilkan di layar saat Anda menekan tombol ALT,
sehingga Anda tidak perlu menghapal shortcuts. Tekan tombol ALTuntuk
memunculkan Key Tip dan untuk menghilangkannya, tekan
tombol ALT sekali lagi.
Menyimpan Dokumen
·
Pada Excel 2007, Anda dapat membuka dokumen yang dibuat pada
versi sebelumnya (Excel 95 - Excel 2003).
·
Saat Anda membuat dokumen pada Excel 2007 dan menyimpannya
dengan format versi sebelumnya, maka Compatibility Mode akan
aktif dimana fitur-fitur pada Excel 2007 yang tidak sesuai dengan versi
sebelumnya tidak dapat digunakan.
Contoh: jika lembar kerja pada Excel 2007 memiliki lebih dari 100.000 baris data maka akan diberitahukan bahwa baris di luar jumlah 65.636 akan dikeluarkan. Dengan begitu Anda dapat memindahkan baris-baris tersebut ke lembar kerja yang baru.
Contoh: jika lembar kerja pada Excel 2007 memiliki lebih dari 100.000 baris data maka akan diberitahukan bahwa baris di luar jumlah 65.636 akan dikeluarkan. Dengan begitu Anda dapat memindahkan baris-baris tersebut ke lembar kerja yang baru.
·
Anda juga dapat melakukan Compatibility Checker secara
manual dengan cara berikut: klik Office Button ,
pilih Prepare dan klikRun Compatibility Checker.
·
Dokumen yang disimpan dengan format Excel 2007, tidak dapat
dibuka pada Excel versi sebelumnya. Sebaiknya Anda menyimpan dokumen pada
format Excel 97-2003 Workbook juga, sebagai cadangan jika komputer lain yang
akan membuka dokumen ini belum memiliki Office 2007.
SELAMAT
MENCOBA ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar